Scroll untuk baca artikel
News

Antisipasi Banjir, Polsek Torgamba dan Unsur Muspika Kerja Bakti Cuci Parit

486
×

Antisipasi Banjir, Polsek Torgamba dan Unsur Muspika Kerja Bakti Cuci Parit

Sebarkan artikel ini

Labusel, Journalistimes.com – Kapolsek Torgamba, AKP M. Ilham Lubis, SH berserta unsur Muspika dan warga melakukan kerja bakti mencuci parit di Jalinsum Cikampak Pekan, Desa Aek Batu Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Senin (02/10/2023), yang dimulai sejak pukul 14.00 WIB.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

“Kegiatan kerja bakti kali ini dengan mengorek lumpur dan sampah-sampah yang menyumbat parit atau selokan guna mengantisipasi banjir yang kerap kali melanda beberapa tempat vital di cikampak. Salah satunya adalah mapolsek torgamba bila musim hujan tiba”. Ujar Kapolsek.

Ilham menjelaskan, semuanya berharap dengan dikeruknya parit ini tidak lagi terjadi banjir.

“Jadi dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan dan terkhusus bagi warga pedagang dapat menjaga kebersihan parit atau selokan masing-masing”, tegasnya.

Turut serta dalam serangkaian kegiatan kerja bakti tersebut adalah Camat dan Sekcam Torgamba Boy Gusman, SE dan Taruli Tamba, PJ. Kades Aek Batu Lailan Hafni, Ketua LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Desa Aek Batu Ir. Miran Widodo, beberapa Kepala Dusun serta elemen masyarakat lainnya yang berhadir.

Menurut Ketua LPM, ini terjadi setelah banyaknya lumpur dan sampah yang mengakibatkan penyumbatan air, sehingga meluber dan banjir.

“Hal itu kiranya menjadi pelajaran berharga bagi warga untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan, karena dampaknya bisa menyumbat aliran air dan meluber menimbulkan banjir,” ucap Ir. Miran Widodo.

Hal senada disampaikan oleh Camat Torgamba, Boy Gusman, SE. Meskipun banjir cepat surut tetapi hal itu tidak boleh terjadi lagi karena dapat menggangu aktifitas warga terkhusus institusi kepolisian yang kantornya tergenang air saat hujan turun.

“Dan semoga air tidak lagi meluber setelah dilakukan pembersihan. Meski demikian semua warga harus tetap menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama, bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah atau pihak kepolisian saja”, sebut Boy.

Sementara itu, PJ. Kades Aek Batu Lailan Hafni berharap kepada para warga yang tidak bisa ikut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan, setidaknya jangan mengotori segala sarana dan prasarana yang menjadi tumpuan hidup orang banyak.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu atau ikut kerja bakti pada hari ini. Kepada kita semua tanpa membedakan satu sama lain dapat terlibat secara bersamaan untuk menjaga dan melestarikannya,” tutur Ilen / Lailan Hafni. (Hasby Juadi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *