Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Dahsyatnya Sedekah Subuh: Amalan yang Membawa Keberkahan

125
×

Dahsyatnya Sedekah Subuh: Amalan yang Membawa Keberkahan

Sebarkan artikel ini

Journalistimes.com – Sedekah adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sedekah adalah pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas, tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Bahkan, sedekahnya lebih luas dari sekadar zakat maupun infak.

Salah satu waktu yang paling utama untuk bersedekah adalah pada waktu subuh, yaitu sebelum matahari terbit. Sedekah subuh merupakan amalan yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi yang melakukannya. Berikut adalah beberapa dahsyatnya keutamaan sedekah subuh yang perlu kita ketahui:

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

1. Mendapatkan Pahala yang Besar

Sedekah subuh adalah amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW, “Barangsiapa yang bersedekah pada waktu subuh, maka dia akan mendapatkan pahala yang sama dengan pahala orang yang bersedekah pada setiap waktu.” (HR. Ahmad dan Abu Daud)². Pahala sedekah subuh ini akan menjadi bekal kita di akhirat kelak.

2. Didoakan oleh Para Malaikat

Sedekah subuh juga membuat kita mendapatkan doa dari para malaikat. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW, “Setiap awal pagi saat Matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke Bumi. Lalu salah satu berkata, ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah’, malaikat yang satu berkata, ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil,” (HR Bukhari dan Muslim)³. Doa para malaikat ini akan menjadi penolong kita di dunia dan akhirat.

3. Membuka Pintu Rezeki

Sedekah subuh juga dapat membantu kita memperbaiki kondisi keuangan. Dengan memberikan sedekah pada waktu subuh, kita akan merasa lebih berkah dalam segala hal yang kita lakukan. Hal ini karena sedekah subuh dapat membuka pintu rezeki yang lebih luas dan membantu kita memperoleh keberkahan dalam hidup kita. Allah SWT berfirman, “Siapa saja yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS. Ath-Thalaq: 2-3).

4. Mendapatkan Naungan dari Allah SWT

Sedekah subuh juga dapat membuat kita mendapatkan naungan dari Allah SWT di akhirat kelak. Ketika hari kiamat tiba, manusia dikumpulkan di padang mahsyar, mereka yang sering bersedekah akan dinaungi oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW, “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya,” (HR Bukhari). Naungan Allah SWT ini akan menjadi perlindungan kita dari panasnya matahari kiamat.

5. Dijauhi dari Api Neraka

Sedekah subuh juga dapat menjauhkan kita dari api neraka. Dengan memberikan sedekah pada waktu subuh, kita akan merasa lebih aman dari siksaan Allah SWT. Hal ini karena sedekah subuh dapat menghapus dosa-dosa kita dan membersihkan hati kita dari sifat bakhil dan kikir. Rasulullah SAW bersabda, “Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah,” (HR Al Bukhari). Kalimat thayyibah adalah ucapan baik seperti tasbih, tahmid, takbir, dan lainnya.

Itu dia beberapa dahsyatnya keutamaan sedekah subuh yang dapat kita peroleh. Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa bersedekah pada waktu subuh dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Aamiin.(RaP)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *