Scroll untuk baca artikel
News

Gempa Bumi Terkini, Berkekuatan 5,7 Magnitudo Guncang Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

76
×

Gempa Bumi Terkini, Berkekuatan 5,7 Magnitudo Guncang Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Sebarkan artikel ini
Foto: Gempa M 5,7 Guncang Pacitan, Jawa Timur. (Dok. Istimewa/BMKG)

Pacitan, Jawa Timur (Jatim) – Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 5,7 mengguncang Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pada Minggu (23/7) pukul 19.33 WIB. Gempa ini dilaporkan berpusat di laut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan peristiwa gempa tersebut melalui akun Twitter resminya, @infoBMKG, dengan menyatakan magnitudo gempa adalah 5,7.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

“Gempa Mag: 5,7,” tulis BMKG

Episentrum gempa berada di titik koordinat 8,88 derajat lintang selatan dan 111,04 derajat bujur timur. Lokasinya berjarak sekitar 78 kilometer barat daya Pacitan, Jatim, dengan kedalaman 20 kilometer.

Meskipun BMKG telah memberikan informasi awal terkait gempa ini, mereka menekankan bahwa hasil pengolahan data masih belum stabil dan bisa berubah seiring dengan kelengkapan data yang terus diperbarui.

Kepada masyarakat yang berada di daerah yang terdampak gempa, diharapkan untuk tetap tenang dan waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi. Perlu diingat untuk mengikuti arahan dari pihak berwenang dan mencari tempat yang aman untuk berlindung.

Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu, oleh karena itu penting bagi masyarakat di wilayah rawan gempa untuk selalu siap menghadapi potensi bencana ini dengan meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan tentang tindakan evakuasi yang benar. (RaP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *