Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Jeruk Manis, Buah yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan

313
×

Jeruk Manis, Buah yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Jeruk
Ket. Gambar: Jeruk Manis

Jeruk manis (Citrus × sinensis) adalah salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat. Buah ini memiliki rasa yang asam manis dan menyegarkan, serta kaya akan kandungan gizi, seperti vitamin C, vitamin A, karbohidrat, serat, protein, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, folat, dan kolin. Dengan berbagai nutrisi tersebut, jeruk manis menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut ini.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh.
Salah satu manfaat jeruk manis yang paling terkenal adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena jeruk manis merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, jeruk manis juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal efek buruk radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

2. Mencegah Anemia.
Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah akibat kurangnya zat besi. Zat besi merupakan salah satu bahan pembentuk sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jeruk manis dapat membantu mencegah anemia dengan cara meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh. Vitamin C pada jeruk manis dapat membantu memaksimalkan penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi.

3. Menjaga Kesehatan Jantung.
Jeruk manis juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Buah ini mengandung vitamin C, flavonoid, dan karotenoid yang dapat membantu mencegah penyakit jantung. Selain itu, jeruk manis juga mengandung kalium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga ritme jantung tetap normal.

4. Membantu Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh.
Jeruk manis merupakan buah dengan kandungan air yang cukup tinggi, yaitu sekitar 85%. Mengonsumsi jeruk manis dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh. Cairan tubuh sangat penting untuk menjaga fungsi organ-organ tubuh, seperti ginjal, hati, otak, dan kulit. Selain itu, cairan tubuh juga berperan dalam mengatur suhu tubuh dan melarutkan zat-zat gizi.

5. Mendukung Kesehatan Sistem Pencernaan.
Jeruk manis juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Buah ini mengandung serat yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit. Serat pada jeruk manis juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus yang berperan dalam menjaga keseimbangan mikroflora usus. Selain itu, serat juga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama dan mencegah kelebihan berat badan.

6. Menjaga Tekanan Darah Stabil.
Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Jeruk manis dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil dengan cara menyediakan kalium yang cukup untuk tubuh. Kalium adalah mineral yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi resistensi aliran darah.

7. Menjaga Kesehatan Kulit.
Jeruk manis juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C pada jeruk manis berperan penting dalam pembentukan kolagen yang merupakan protein penyusun kulit. Kolagen dapat membantu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit, serta memperlambat terbentuknya kerutan dan garis halus. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam.

Itulah beberapa manfaat jeruk manis untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat mengonsumsi jeruk manis secara langsung atau diolah menjadi jus, selai, kue, atau makanan lainnya. Namun, ingatlah untuk mengonsumsi jeruk manis dengan porsi yang wajar dan tidak berlebihan. Selain itu, pastikan juga untuk mengonsumsi buah-buahan lain yang memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi secara seimbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *