Scroll untuk baca artikel
News

Pakpak Bharat Dipadati Ribuan Massa dalam Rangka Memeriahkan Pesta Oang-Oang

123
×

Pakpak Bharat Dipadati Ribuan Massa dalam Rangka Memeriahkan Pesta Oang-Oang

Sebarkan artikel ini

Pakpak Bharat – Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat tampak mulai melaksanakan rangkaian acara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-20 Kabupaten Pakpak Bharat dan Pesta Budaya Oang-Oang Tahun 2023 pada Rabu (26/07/2023).

“Dalam perayaan kali ini, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat sengaja menggabungkan berbagai unsur diantaranya religi, seni budaya, seremoni, musik, tari, bazar pameran, dan banyak kegiatan lainnya menjadi satu. Membuat suasana perayaan kali ini terlihat berbeda, apalagi dibalut kemasan tangan-tangan terampil yang terpadu di sana,” kata sumber acara.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Tak pelak perpaduan berbagai unsur yang mampu disatukan menjadi sebuah seremoni yang indah ini mendapat banyak pujian dari berbagai kalangan. “Perpaduan inilah yang bisa mempertahankan eksistensi budaya Pakpak kedepan,” ungkap Kepala Divisi Pemasaran Internasional pada Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Nelson Lumbantoruan.

Menurutnya, “Kami melihat acara yang berjalan teratur dan khidmad, berbeda jauh dengan apa yang kami dengar selama ini dimana Budaya Pakpak kian terkikis habis, namun hari ini kami melihat bagaimana budaya itu dipelihara, dibangun, dan dikembangkan dengan perpaduan religi dan rohani, dikemas sangat menarik, dan ini luar biasa. Tugas kami di BPODT sebagai unit Pelaksana Teknis dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI diantaranya adalah membantu pengembangan kepariwisataan seperti ini, maka mari kita lestarikan bersama adat budaya yang tinggi bernilai ini,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Gubernur Sumatera Utara, H Edy Rahmayadi yang diwakilkan Staf Ahli gubernur Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, dan Pemberdayaan Masyarakat, Ir. Suherman MSi. Dalam sambutan tertulisnya, Gubernur berharap agar pesta Oang-Oang ini mampu menarik minat wisatawan dari luar Kabupaten Pakpak Bharat, serta menjadi momen penting dalam melestarikan budaya Pakpak dan membangun masyarakat Pakpak Bharat yang religius dan berbudaya.

“Pesta Budaya Oang-Oang kita harapkan menjadi salah satu cara guna menarik wisatawan luar untuk dapat berkunjung ke Kabupaten Pakpak Bharat, para seniman harus terus berkarya dan mengembangkan jiwa seni, menghibur masyarakat, dan wisatawan,” ujar Gubernur.

Sementara itu, Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor dalam arahannya mengungkapkan, bahwa seluruh elemen di Kabupaten Pakpak Bharat harus memaknai momentum Hari Jadi ini sebagai bentuk syukur atas berdirinya Kabupaten Pakpak Bharat.

“Acara ini menjadi cerminan rasa syukur kita atas terwujudnya Kabupaten Pakpak Bharat yang dimekarkan dari Kabupaten Dairi pada 20 tahun silam, dan rasa syukur kita atas capaian pembangunan yang kita rasakan selama ini,” ungkap Bupati.

Banyak tamu undangan yang hadir hari ini, mengikuti rangkaian peringatan HUT Pakpak Bharat selama tiga hari kedepan. Berbagai hiburan dan pertunjukan dipersiapkan guna mengisi acara ini. Tidak lupa Tabliqh Akbar dan siraman rohani berupa Kebaktian Kebangunan Rohani juga akan mengisi kegiatan tahunan ini. Puncak acara Peringatan HUT Pakpak Bharat ini sendiri akan dilaksanakan pada Jumat, 28 Juli 2023. (Pittor Berutu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *